Perangi Narkoba, LAN Banyuwangi Gelar Penyuluhan Kepada Seluruh Kepala Sekolah

  • Whatsapp
banner 468x60
622Dibaca

Banyuwangi – TribunNow. COM | Ketua MKKS SMP bersama LAN Banyuwangi mengadakan penyuluhan kepada Kepala Sekolah SMP se-Kabupaten Banyuwangi, Hal Itu Di gelar Demi mengantisipasi penyebaran narkoba di kalangan pelajar

Penyuluhan yang dilaksanakan di SMPN 4 Genteng tersebut dihadiri oleh Darman, Ketua PGRI Banyuwangi, Supriadi selaku Ketua MKKS SMP, seluruh Kepala Sekolah SMP, dan sebagai nara sumber, Ketua Divisi Penyuluhan Bahaya Narkoba LAN, Hermin Dwi Susanti.

Sementara Dedy Ary Widyanto, Ketua Harian LAN Banyuwangi menjelaskan, rentannya kalangan pelajar menjadi titik yang cukup rawan dimasuki narkoba.

“Kalangan pelajar merupakan target penyuluhan kami (LAN) karena berdasarkan data yang di dapat dari LAN bahwa segmen ini merupakan segmen yang cukup rawan dimasuki narkoba,” ucap Dedy. Rabu(16/6/2021)

Dedy juga menambahkan, bahwa setidaknya penyuluhan yang disampaikan kepada para Kepala Sekolah ini bisa menjadi antisipasi agar sekolah dapat melakukan proteksi kepada siswa agar tidak sampai tersentuh narkoba.

“Kami berharap penyuluhan ini bisa menjadi bekal kepada sekolah-sekolah untuk dapat melakukan upaya proteksi kepada siswanya agar tidak sampai tersentuh barang terlarang tersebut,” tambahnya.

Hermin Dwi Susanti, Ketua Divisi Penyuluhan yang juga sebagai nara sumber acara tersebut mengatakan bahwa memerangi narkoba harus dengan tindakan yang nyata.

“Berbicara penanggulangan bahaya narkoba tidak akan selesai hanya dengan retorika semata, harus ada tindakan nyata, kordinasi, serta kolaborasi. Kita harus sama-sama membuka mata bahwasannya narkoba sudah menyasar pelajar tingkat SMP,” ujarnya.

“Hari ini, untuk pertama kalinya LAN dipertemukan dengan seluruh Kepala Sekolah SMP se-Kabupaten Banyuwangi. Ini menjadi langkah awal untuk terus bersinergi, peduli dan berbagi, karena masalah narkoba bukan hanya menjadi ranah Kepolisian saja, tapi ini menjadi tugas kita bersama untuk memberantas dan memutus mata rantai penyebaran narkoba khususnya di Banyuwangi,” tambahnya.

Selain itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Suratno juga memberikan tanggapan dan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan Penyuluhan bahaya narkoba oleh LAN, dia mengatakan bahwa pencegahan harus dimulai sejak dini.

“Pencegahan ketergantungan terhadap Napza harus dimulai sejak dini bahkan sejak anak di sekolah,” ucapnya.

Dia menambahkan, dalam hal penyuluhan, membutuhkan kolaborasi dan sinergi dari banyak pihak, entah dari Pemerintah, lembaga pendidikan, penegak hukum, ataupun masyarakat.

“Kegiatan tersebut membutuhkan kolaborasi dan sinergitas banyak pihak, baik Pemerintah dan TNI-POLRI maupun masyarakat. Kegiatan LAN hari ini mencerminkan hal tersebut. Harapan saya, semoga LAN terus bisa bersama-sama dengan kami mengawal generasi muda agar terhindar dari bahaya narkoba dan semoga kegiatan ini bisa menginspirasi komponen masyarakat yang lain,” tutur Suratno kepada Peduli Bangsa. (Red)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *