Ratusan Tenaga Kesehatan Di Boyolali Terpapar Covid, Dinkes : Iya Betul

  • Whatsapp
Nakes dengan mengenakan APD lengkap mengantarkan pasien di IGD RSUD Pandan Arang Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
banner 468x60
127Dibaca

Boyolali – tribunnow.com | Sekitar 153 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Boyolali positif terpapar virus Corona atau COVID-19. Terdiri dokter, bidan, perawat, apoteker hingga tenaga sanitarian.

“Iya, betul,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali, Ratri S Survivalina, saat dimintai konfirmasi soal 153 nakes di Boyolali terpapar Corona, Kamis (8/7/2021).

Data per 3 Juli 2021, jelas dia, ada sekitar 153 tenaga kesehatan yang positif COVID-19. Terdiri dokter 16 kasus, bidan 45 kasus, perawat 43 kasus, tenaga laboratorium medik 8 kasus dan rekam medik 13 kasus. Kemudian farmasi, Akademi Teknik Elektromedik (Atem), transporter Nakes dan bagian admin masing-masing satu kasus. Selanjutnya dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) 9 kasus, fisioterapi 4 kasus, apoteker 10 kasus dan sanitarian satu kasus.

Banyaknya tenaga medis yang terkena Corona ini diduga juga tertular virus varian baru, karena penyebarannya sangat cepat. Saat ini para nakes yang terpapar tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) dan masa pemulihan.

Menurut Lina, banyaknya Nakes yang terpapar juga mempengaruhi pelayanan di fasilitas kesehatan. Namun pihaknya tetap berupaya penuh agar masyarakat tetap terlayani.

Pelayanan kesehatan di fasilitas-fasilitas kesehatan baik di Rumah sakit (RS) rujukan COVID-19 dan umum tetap berjalan seperti biasa, karena RS masuk sektor kritikal yang tidak boleh tutup saat PPKM Darurat. Pihaknya juga menambah nakes untuk membantu penanganan pasien. Termasuk di lokasi isolasi mandiri terpusat milik Pemkab Boyolali.

Sementara itu, menurut dokter Didik Suprapto, jumlah dokter di Boyolali yang saat ini masih terpapar virus Corona ada 12 orang. Dua orang dirawat dan 10 menjalani isolasi mandiri (Isolasi mandiri).

“Update saat ini, untuk dokter (yang terpapar Corona) 2 dirawat dan 10 isoman,” kata Didik kepada detikcom.

Untuk diketahui, kasus COVID-19 di Kabupaten Boyolali hari ini bertambah 461 kasus baru. Jumlah kasus aktif hari ini sebanyak 3.890, terdiri 306 dirawat dan 3.584 pasien isolasi mandiri (dtk)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *