Sabtu, Juni 25, 2022
24.7 C
Banyuwangi

Biro SDM Polda Papua Barat Gelar Penanggulangan / Pencegahan Paham Radikalisme Dan Intoleransi Bagi Personel Polri

Tribun Now -| Manokwari Papua Barat – Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Papua Barat Kombes Pol. I Wayan Gede Ardana, SIK, M.Si., yang didampingi oleh Kabag Watpers Kompol Winarto, SH., Kaur Bin etika subbid wabprof Bid Propam

AKP Siswanto, S.H.,M.H., membuka kegiatan Pencegahan Radikalisme dan Intoleran dilingkungan Polda Papua Barat Tahun 2022 yang bertempat di Gedung Valdos Hotel Makokwari, Jumat, (10/6)

Dalam sambutannya, Karo SDM Polda Papua Barat Kombes Pol. I Wayan Gede Ardana, SIK., M.Si., menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa kegiatan ini merupakan salah satu metode pembinaan kepada personel Polri khususnya yang berada dilingkungan Polda Papua Barat agar secara aktif dan berkesinambungan mengemban tugas dan tanggung jawab pencegahan paham radikalisme dan intoleran sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Radikalisme dan intoleran sebagai gerakan sosial yang menolak secara menyeluruh tertib sosial yang sedang berlangsung yang ditandai dengan timbulnya kejengkelan moral yang kuat untuk menentang dan bermusuhan dengan orang lain yang memiliki hak istimewa atau yang sedang berkuasa” ujarnya.

Konsep radikalisme merupakan pemikiran keliru yang menggunakan cara-cara kekerasan untuk mencapai tujuan, bahkan pada level tertentu radikalisme bisa menggunakan agama sebagai sarananya, sehingga terkadang kita melihat agama menjadi kurang santun.

“Oleh karena itu melalui kegiatan ini diharapkan seluruh anggota polri mampu menjadi penggerak perubahan karakter dan budaya, dari budaya menghukum menjadi budaya santun, jadikanlah agama sebagai penuntun dalam pelaksanaan tugas sehari-hari karena sesungguhnya agama mengajarkan kebaikan dan kedamaian” tutur Karo SDM.

Kegiatan Pencegahan Radikalisme dan Intoleran dilingkungan Polda Papua Barat Tahun 2022 yang dihadiri oleh Kabag Dalpers AKBP Dadang Kurniawan Winjaya, SIK., Kabag Psikologi Kompol Irfan Atria Mursy, S.Psi., dan para pengemban fungsi SDM di masing-masing Satker Polda Papua Barat serta seluruh Kabag SDM dan para Operator jajaran kewilayahan.

Kegiatan dilanjutkan dengan Paparan materi FKUB Islam oleh Ustad Sultan, Paparan materi FKUB Kristen oleh Pdt. Sadrak Simbiak, S.Th., Paparan materi FKUB Hindu oleh Drs. I Wayan Semol. Paparan materi Dit Intelkam, dan materi Bid Propam Polda Papua Barat.

Dalam pembulatan kegiatan Penanggulangan / pencegahan radikalisme & intoleransi bagi personel Polda Papua Barat, Kabag Watpers Kompol Winarto, SH., menekankan kepada para peserta diharapkan dapat tertanam dalam diri setiap anggota Polri bahwa sudah semestinya setiap warga Negara harus patuh dan tunduk terhadap seluruh perundang-undangan yang berlaku serta patuh dan tunduk terhadap pemerintahan yang sah.

Kabid Humas Polda Papua Batat Kombes Pol Adam Erwindi S.I.K.,M.H membenarkan adanya acara penanggulangan dan pencegahan paham radikalisme & intoleransi bagi personel Polri Polda Papua Barat T.A. 2022 yang di pimpin Karo SDM Polda Papua Barat Kombes Pol. I Wayan Gede Ardana, SIK., M.Si. Yang diselenggarakan di Hotel Valdos Manokwari.

(Tim/Red/Humas Polda PB)

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img