Sabtu, Juni 25, 2022
25 C
Banyuwangi

Lomba Mewarnai Maskot Si Rancak Diikuti 255 Peserta

Tribun Now -| Lumajang -Lomba Mewarnai Maskot Si Rancak (Jaran Kencak) yang diikuti sejumlah 255 peserta Taman Kanak-kanak (TK) se-Kabupaten Lumajang resmi dibuka, di Sport Park Alun-alun Lumajang, Jumat (17/6/2022) pagi.

Saat kegiatan tersebut, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian dalam rangka memeriahkan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2022.

“Jadi lomba ini merupakan rangkaian gebyar Porprov Jatim 2022 di Lumajang,” katanya.

Bunda Indah juga menilai, lomba mewarnai Maskot Si Rancak itu merupakan salah satu kegiatan untuk memperkenalkan kesenian khas Lumajang, yang menjadi warisan budaya tak benda kapada anak-anak.

“Jaran Kencak ini merupakan kesenian khas Lumajang, jadi anak-anak harus tau,” ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Lumajang mengimbau kepada para orang tua untuk terus mengawal anak-anaknya, terutama soal penggunaan ponsel.

Menurutnya, penggunaan ponsel yang berlebihan akan membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak.

“Harus ada jam-jam tertentu dimana anak-anak tidak boleh menggunakan HP, jadi dikasi waktu agar tidak terus-terusan main game, maka dari itu mari kita kawal anak anak kita karena meraka calan pemimpin bangsa,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, Suharwoko dalam laporannya menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut digelar selama tiga hari, terhitung mulai 17 sampai 19 Juni 2022 nanti.

“Ini berlangsung sampai minggu malam, dan puncaknya hari Sabtu untuk menyambut lomba balap sepeda dari jember sampai Lumajang,” jelasnya.

Selain itu, adapun beberapa kegiatan yang digelar dalam memeriahkan Porprov 2022 diantaranya, Pameran kesenian dan UMKM.

“Disamping lomba mewarnai, ada juga kesenian dan pameran UMKM,” pungkasnya. (tim)

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img