Sabtu, Agustus 13, 2022
24.2 C
Banyuwangi

MEMPERINGATI HARI MANGROVE SEDUNIA, TNI AL LAKSANAKAN PENANAMAN MANGROVE SERENTAK DI 77 TITIK

Tribun Now -| Banyuwangi – Jawa Timur.Pangkalan TNI AL (Lanal Banyuwangi) laksanakan penanaman 5.000 bibit mangrove dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli 2022 bertempat di Pantai Cemara Kelurahan Pakis Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Selasa (26/07/2022).

Kegiatan ini melibatkan jajaran Forkopimda Kabupaten Banyuwangi, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi, Dinas Kehutanan Banyuwangi, Saka Bahari, Mahasiswa, Siswa SMA/SMK, Pok Darwis (Kelompok Sadar Wisata), Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas, serta masyarakat pesisir Pantai Cemara.

Sebelum dilaksanakannya penanaman Mangrove, Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori bersama Forkopimda Kabupaten Banyuwangi mengikuti Video Conference penanaman bibit mangrove secara serentak di 77 titik jajaran TNI AL di seluruh Indonesia yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono yang berlokasi di Tanjung Pasir Kec. Teluk Naga Kab. Tangerang Prov. Banten.

Dalam sambutannya Kasal menyampaikan, program penanaman serentak sebanyak 1.000.377 bibit mangrove di 77 lokasi yang dilaksanakan secara berkelanjutan, program ini dilaksanakan sekaligus memperingati dengan Hari Mangrove sedunia, dan menyambut peringatan HUT 77 Kemerdekaan RI dan menyambut KTT G20 di Bali beberapa waktu mendatang. Penanaman mangrove menjadi program tahunan TNI AL dan besar harapan penanaman mangrove tidak hanya menahan abrasi, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk wisata, sehingga mangrove ini selain bisa digunakan untuk menahan abrasi juga bisa digunakan sebagai sarana wisata. Saat ini banyak tempat-tempat wisata magrove yang kita kembangkan di Kampung Bahari Nusantara bersama dengan Kemenparekraf”, ujarnya.

Sementara itu Danlanal Banyuwangi dalam keterangannya kepada awak media, Lanal Banyuwangi melaksanakan penanaman bibit mangrove sebanyak 5.000 bibit yang disebar di 2 lokasi, yakni 3.500 bibit yang hari ini ditanam Pantai Cemara sedangkan 1.500 bibit kemarin sudah ditanam di Pantai Cemara Teluk Pangpang yang pelaksanaanbya bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Lanal Banyuwangi.

Penanaman mangrove ini merupakan amanat dari Presiden yang ditindaklanjuti KASAL untuk menjalin solidaritas dengan unsur pertahanan dan keamanan negara dan juga untuk mewujudkan sinergitas dan menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL.

(tim)

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img